Terror Is (You)

Dalam sepekan ini publik digemparkan dengan berbagai aksi yang menyasar aparat keamanan, mulai dari tragedi Mako Brimob, penusukan, ledakan di rumah ibadah dan terbaru hari ini di polrestabes Surabaya. Sebagai seorang Muslim, duka yg sebesar-besarnya saya sampaikan kepada keluarga korban kejadian ini. Dan sungguh saya mengutuk dengan kutukan terdalam pada siapapun yg menjadi dalang di... Continue Reading →

Advertisements

Ironi Penguasa Negeri Yang Tidak Merdeka

Dimuat di redaksi Media Oposisi https://www.mediaoposisi.com/2018/04/ironi-penguasa-negeri-yang-tidak-merdeka.html Oleh : Iranti Mantasari, BA.IR Mahasiswi Pascasarjana Kajian Timur Tengah UI Revolusi | Mediaoposisi.com-Hampir 73 tahun Indonesia menjadi sebuah negeri yang dikenal oleh dunia, terhitung ketika berbagai elemen umat menyatukan kekuatan untuk mengusir kependudukan dan dominasi kafir penjajah pada tahun 1945 dahulu. Sejak saat itu pula kehidupan umat di... Continue Reading →

Konde Dihijab, Kidung Beradzan

Terlalu geram rasanya mendiamkan masalah ini. Puisi tandingan perspektif Islam, in syaa Allah sudah banyak dibuat kawan-kawan lain. Analisis pun mungkin sudah banyak yang lakukan. Saya hanya mencoba mengingatkan, untuk siapa saja. Jika kita tak tahu syariat Islam, sungguh tiada jalan selain belajar dan mencari tahu. Itulah Islam. Ia takkan dipahami jika tak dipelajari. Bukan... Continue Reading →

Wahai Diri, Muhasabahlah…

Seperti sekolah, pada masa tertentu akan diadakan ujian untuk menguji atau mengevaluasi bagaimana proses belajar yang sudah dilalui sebelumnya. Dari ujian itu, kita bisa mengetahui bagaimana kapasitas kita dan seberapa baik kita dalam pelajaran tersebut. Begitu pula dengan manusia. Manusia itu hidup dari satu waktu ke waktu berikutnya. Hidup manusia tidak bisa di-pause layaknya video, ia... Continue Reading →

UMAT

Murid hajar guru. 'Orang gila' gebuk ulama. Ibu buang bayi. Ayah gauli anak. Ada lagi? Masih banyak pasti. Itu hanya beberapa yang nampak dan terangkat ke media, yang tak terekspose tentu menumpuk. Jujur saya lelah melihat berita di negeri ini. Ahad pencurian. Senin pembunuhan. Selasa pemerkosaan. Rabu perzinahan. Kamis perampokan. Jumat tawuran. Sabtu kerusuhan. Lengkap... Continue Reading →

How To Do Blogging

Oleh : Iranti Mantasari, BA.IR (Anggota Komunitas Revowriter) Di era yang sudah sangat digital saat ini, para penulis atau siapapun yang memiliki passion di bidang kepenulisan sudah tidak kesulitan lagi untuk mencari platform yang bisa mempublish karya-karyanya. Berbagai social media sudah tersedia, ada banyak media online yang menerima tulisan kita secara sukarela, bahkan jika memang... Continue Reading →

Merantau Lagi, Why Not?

Siapa yang anak rantau atau akan menjadi anak rantau di sinii? 🙋 Pastilah ya rasanya nano-nano. Mungkin ada yang akan deg-degan, takut, atau bahkan mungkin sangat excited karena akan tinggal di tempat baru yang jauh dari rumah. Iya, perasaan itu wajar banget, karena saya pun dulu tahun 2013 merasakan hal itu. Homesick nya parah. Baru... Continue Reading →

Menulis Untuk Bangkit

Menulis memang perkara gampang-gampang sulit. Gampang bagi yang memang jemarinya sudah jeli menari di atas kertas atau keyboard dan sulit bagi yang memang belum membiasakan jari-jemarinya menari menggores gagasan. Saya mungkin belum sempat menelurkan buku, tapi saya bisa katakan sejak 3-2 tahun yang lalu mulai menekuni dunia tulis menulis, meskipun hanya melalui tulisan-tulisan ringan, opini,... Continue Reading →

Be Wise Dalam Sharing-Menyaring

Coba nih yang sering share atau publish berita dan informasi yang isinya begitu emosional tapi kebanyakan sumbernya kurang jelas dan minim analisisnya dikurangin dikiiit gitu lho. Kalau ada berita atau informasi seperti ini, jadikan maklumat cukup tau dulu aja, sembari cari referensi lainnya. Islam kan sudah ajarkan bagaimana adab dan cara dalam 'menyikapi' berita atau... Continue Reading →

Powered by WordPress.com.

Up ↑