The Inevitable Caliphate? A History of the Struggle for Global Islamic Union 1924 to the Present

Penulis: Reza Pankhurst
Tahun terbit: 2013
Penerbit: Oxford University Press
Halaman: xi + 216 hlm
Genre: Sejarah Islam


Khilafah. Khilafah. Khilafah. Kata yang sekitar tiga tahun belakangan ini cukup menggema di berbagai kanal media. Pembahasan mengenai khilafah sebetulnya bukan barang yang baru, bahkan di belahan bumi sebelah barat, kata ini kerap diperbincangkan sejak awal abad keduapuluh. Tentu saja hal ini disebabkan karena sentralnya peran yang dipegang oleh khilafah dalam diskursus pemerintahan Islam atas kaum muslimin.

Karya yang ditulis oleh seorang akademisi di London School of Economics ini adalah salah satu yang membukukan beragam wacana mengenai khilafah dan perjuangan penegakannya di tengah kaum muslimin sejak lama, baik di Timur Tengah maupun di Timur Jauh.

Buku ini secara gamblang dan objektif memaparkan mengenai riuhnya dunia Islam saat khilafah terakhir di Turki, secara resmi dihapuskan oleh kaum sekuler Barat dan kroninya di Timur Tengah. Selain itu, buku ini juga menggambarkan mengenai konspirasi apa saja yang dipersiapkan oleh mereka dalam rangka menghancurkan institusi politik umat Islam global, serta kontroversi apa saja yang muncul terkait abolisi khilafah Islam ini.

Berangkat dari khilafah yang telah menjadi keping-keping negara bangsa inilah, muncul berbagai upaya dari kelompok-kelompok umat Islam di berbagai wilayah untuk menghadirkannya kembali, meski dengan metode yang berbeda-beda. Semua kelompok ini, meski berbeda tempat kelahirannya, berbeda latar belakangnya, tetapi memiliki kesamaan yang patut digarisbawahi.

Sebut saja, Tahreek-e-Khilafat di India; Ikhwanul Muslimin di Mesir; Hizbut Tahrir di Yordania; Al Qaeda di Pakistan; Jamaat-e-Islami di Pakistan; dsb dipaparkan oleh penulis sejak awal berdirinya dan pandangannya terkait bentuk pemerintahan kaum muslimin. Benang merah dari pemaparan tersebut adalah bahwa syariah Islam wajib diterapkan atas komunitas muslim secara global dalam seluruh aspek kehidupan, terlepas dari perbedaan jalan untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Dari buku ini, pembaca diajak berjalan mundur, menelusuri sejarah penting dalam dunia pergerakan Islam pada skala global, yang selama ini kurang mendapat perhatian dari kaum muslimin. Pemaparan yang jelas mengenai tokoh sentral, latar belakang, hingga peristiwa terkait, menunjukkan kesinambungan pembahasan isi buku yang memudahkan pembaca untuk dalam memahaminya.

Jangan khawatir. Buku yang awalnya diterbitkan dalam Bahasa Inggris ini, disebabkan oleh tingginya atensi pembahasan mengenai khilafah, khususnya di Indonesia, akhirnya kini sudah ada yang menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia.

Buku ini juga menurut saya pribadi berhasil menegaskan kepada yang membacanya, bahwa terdapat banyak hal yang dipahami secara keliru oleh publik karena kurangnya literasi yang dimiliki, salah satunya terkait khilafah ini. Banyaknya literatur bernas yang belum terjamah pada akhirnya berbanding lurus dengan mispersepsi yang tumbuh di tengah masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: