Segala sesuatu yang kita indera di sekeliling kita, tiada lain tiada bukan adalah bukti eksistensi bahwa Allah itu ada. Meski kau tak bisa dan tak akan mampu menjangkauNya, sangat jelas bahwa Ia sudah jelas ada. Keberadaanmu, ciptaanNya-lah yang membuktikan bahwa Sang Pencipta itu benar-benar ada. Bukan hanya mainan imajinasi di dalam benakmu.

Bagaimana mungkin sebuah ciptaan ada tanpa ada yang menciptakannya. Tak mungkin pula sebuah ciptaan itu sama dan sederajat dengan PenciptaNya. Apa kau akan menyebut sesuatu sebagai pencipta meski ia sama denganmu? Ibarat sebuah sepeda. Adalah suatu hal yang imajiner jika yang menciptakannya adalah sepeda yang lain. Terlalu konyol bahkan hanya untuk dibayangkan.

Lihatlah air.
Bagaimana ia mengalir dari hulu ke hilir, dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Bagaimana setetes air mampu memecah sebuah batu hanya karena sesuatu yang disebut kontinuitas. Bagaimana ia bisa membersihkan sesuatu yang sebelumnya sangat kotor.

Perhatikanlah angin.
Bagaimana ia bisa dirasakan meski tak mampu dilihat oleh pandangan. Bagaimana ia memberi sedikit kesejukan di bawah teriknya matahari. Bagaimana ia mampu menerbangkan sesuatu yang terlihat tak mungkin untuk terjadi.

Itu hanya dua. Dua dari sekian banyak hal yang bisa mengantarkan kita pada kepercayaan sempurna padaNya. Hanya dua saja, sudah begitu banyak hal yang dijawabnya. Bisa kau bayangkan jika itu tiga, empat, dan seterusnya?

Jika diri terasa berada di titik nadir  dunia ini, diam dan perhatikanlah sekitarmu.
Jika diri ibarat ditindih beban yang tak mampu kau pikul, diam dan dengarlah kicau burung di luar sana.
Jika diri mengaku tak sanggup lagi ‘tuk melangkah, diam dan bayangkanlah betapa beruntungnya dirimu.

“لا يكلف الله نفسا إلا وسعها”

Tidak cukupkah semua itu untuk meyakinkanmu pada Tuhanmu? Suatu zat yang sungguh ada, tak mungkin berdusta, serta tak mungkin dan tak akan pernah mendzalimimu, ciptaanNya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s